Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, 
melantik sebanyak 45 anggota panitia pengawas (panwas) kecamatan untuk Pilkada 2024.
 
"Sebanyak 45 anggota panwas kecamatan sudah dilantik pada hari ini. Selanjutnya mereka ini akan bertugas sebagai penyelenggara pemilu khusus bidang pengawasan di 15 kecamatan di daerah ini," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Mukomuko Teguh Wibowo di Mukomuko, Sabtu. 
 
Ia mengatakan hal itu usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah sebanyak 45 anggota panwas kecamatan untuk Pilkada 2024 di ruang aula salah satu hotel di daerah ini. 
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah sebanyak 45 anggota panwas kecamatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Fahamsah, Ketua Bawaslu Mukomuko Teguh Wibowo, Mansur, dan Rustam Efendi, Ketua KPU Mukomuko Deni Setiabudi, perwakilan pemerintah daerah, Polres, dan TNI. 
 
Adapun yang disampaikan terhadap panwas kecamatan ini, ia mengatakan harapan yang telah dilantik ini melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dengan penuh keikhlasan, penuh kejujuran, dan menjunjung tinggi integritas.
 
Ia mengatakan, karena sebagai penyelenggara pemilu khusus di bidang pengawasan pemilu, mereka bergerak dan melangkah harus sesuai dengan regulasi yang ada, dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
 
Selain itu, ia menegaskan, pihaknya juga 
bersiap dan tidak segan-segan untuk menindak apabila terdapat panwas kecamatan yang secara nampak dan jelas integritasnya tergadaikan.
 
"Kami menindak panwas kecamatan yang melanggar aturan dan menggadaikan integritas secara langsung baik itu sanksi peringatan atau digantikan antarwaktu dengan yang lain," ujarnya. 
 
Ia mengatakan, setelah pelantikan sebanyak 45 anggota panwas kecamatan ini langsung dilanjutkan dengan pemberian bimbingan teknis untuk penguatan kelembagaan, penguatan kapasitas tupoksi supaya mereka paham di posisi apa tugas dan tanggung jawabnya.
 
Kemudian, katanya, semua tugas dan fungsinya dapat diselesaikan dengan baik saat menjalankan tugas sebagai panwas kecamatan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024