Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melantik 201 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah tersebut.
 
Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad di Bengkulu, Minggu menyebutkan bahwa dari 201 anggota PPS tersebut, empat orang diantaranya yang tidak bisa dilantik hari ini karena berhalangan.
 
"Hari ini kita melakukan pelantikan terhadap 201 anggota PPS yang akan bertugas pada Pilkada 2024 dan untuk empat orang yang berhalangan hadir, pihaknya akan melakukan pelantikan susulan," ujar dia.
 
Anggota PPS yang dilantik tersebut akan langsung mempersiapkan mempersiapkan Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu, dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu pada 2024.
 
Rayendra menerangkan, untuk honor atau gaji anggota PPS untuk Pilkada 2024 sama dengan gaji pada Pemilu dan Pilpres 2024 untuk ketua yaitu sebesar Rp1,5 juta per bulan, dan anggota akan mendapatkan Rp1,3 juta per bulan.
 
Untuk anggota PPS yang terpilih dapat mengerti tugas dan kewajiban sesuai dengan integritas dan kode etik PPS terpilih harus dilaksanakan pada Pilkada 2024.
 
"Kepada seluruh anggota PPS dapat melakukan tugas-tugas ke depan dengan baik. Apalagi, proses seleksi dilakukan dengan ketat. Sebab pilkada sudah beberapa kali dilakukan, sehingga kualitasnya harus semakin baik," katanya.
 
Beberapa waktu lalu, sebanyak 389 peserta menjalani tes wawancara untuk PPS Pilkada 2024 yang dilaksanakan selama tiga hari sejak pukul 08.00 hingga 22.00 WIB dengan lima meja panel.
 
Diketahui sebelumnya, sebanyak 602 orang dinyatakan lulus verifikasi administrasi calon anggota PPS untuk pelaksanaan Pilkada 2024.
 
Untuk calon anggota PPS yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi telah mengikuti ujian Computer Asisted Test (CAT) yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Mei 2024 di Gedung LPTIK Universitas Bengkulu (Unib).

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024