Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Deny Setiabudi, meminta sebanyak 453 anggota panitia pemungutan suara (PPS) dari 148 desa dan tiga kelurahan yang baru dilantik langsung bisa beradaptasi dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan. 
 
"Karena kita diburu waktu yang cukup padat diharapkan PPS cepat adaptasi, dan belajar secara mandiri disamping kami juga akan memberikan bimbingan teknis," kata Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Deny Setiabudi di Mukomuko, Minggu. 
 
KPU Kabupaten Mukomuko melantik sebanyak 453 anggota PPS untuk Pilkada 2024. Sebanyak 453 anggota PPS untuk 148 desa dan tiga kelurahan itu terdiri atas laki-laki sebanyak 196 orang dan perempuan 257 orang. 
 
Ia mengatakan, sebanyak 453 anggota PPS yang dilantik hari ini merupakan tahapan akhir dari perekrutan PPS yang pada saat pendaftaran di Siakba sebanyak 945 orang. 
 
Dalam perekrutan calon anggota PPS, katanya, lembaganya juga memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan, dan jumlah perempuan yang menjadi anggota PPS lebih dari 50 persen. 
 
Kemudian, ia memastikan, masyarakat dan mendaftar sebagai calon anggota PPS sudah melalui proses seleksi administrasi, CAT, dan tes wawancara sampai akhirnya sebanyak 453 anggota PPS yang terpilih dan dilantik pada hari ini. 
 
"Kami yakin dan percaya bahwa PPS yang terpilih ini dapat menjalankan dan mengemban amanah sesuai yang diatur dalam PKPU Nomor 8 tahun 2022," ujarnya. 
 
Selain itu, katanya, suksesnya pilkada juga tidak terlepas peran serta dari pemerintah daerah, TNI/Polri, Bawaslu, dan media massa baik cetak, elektronik, dan online serta partisipasi masyarakat. 
 
Setelah ini, ia menyarankan, kepada PPS untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan tempat mereka bekerja. 
 
Ia juga meminta pemerintah daerah memfasilitasi penyelenggara pemilu mulai dari tingkat kecamatan dan desa karena mereka belum punya kantor sehingga PPK numpang di kantor camat dan PPS di kantor desa. (Adv)
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024