Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyebutkan hingga saat ini progres penertiban kawasan Pasar Panorama menjadi pusat perbelanjaan yang bersih dan teratur, telah mencapai 80 persen.

"Penertiban di Pasar Panorama mencapai 80 persen dan arahnya akan menjadi sentral perbelanjaan," kata Asisten II Setda Pemkot Bengkulu Sehmi di Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan saat ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu terus melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pedagang kaki lima yang tetap berjualan di bahu jalan sekitar kawasan Pasar Panorama.
 
Selain melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pedagang, Pemkot Bengkulu juga meminta para pembeli untuk memarkirkan kendaraannya dengan tertib saat berbelanja di kawasan Pasar Panorama.
 
"Pengawasan di Pasar Panorama tidak bisa kita tinggal begitu saja dan kita harus kawal. Persoalannya saat ini pembeli banyak yang tidak parkir, sehingga hal tersebut harus kita terus kampanyekan," ujar dia.
 
Sementara itu, Pemkot Bengkulu berupaya menjadikan Pasar Panorama menjadi sentral perbelanjaan yang tertib, bersih, dan rapi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera menyebutkan untuk mewujudkan Pasar Panorama menjadi ikon Kota Bengkulu, Satpol PP terus melakukan sosialisasi dan penertiban terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan.
 
"Kita ingin menjadikan Pasar Panorama menjadi sentral perbelanjaan yang baik artinya tertib, bersih, dan rapi. Tujuannya, adalah bagaimana menata Pasar Panorama menjadi pasar yang baik, tertib, bersih dan aman, sehingga Satpol PP akan terus melakukan upaya persuasif dengan sosialisasi dan pendekatan lainnya agar terwujudnya hal tersebut," terang dia.
 
Sementara itu, penertiban dilakukan terhadap pedagang yang dianggap melanggar ketertiban umum, seperti gelaran dagangan agak ke tengah maupun menggunakan armada angkutan pick up, sehingga menutupi jalan.
 
Penertiban tersebut terus dilakukan guna menjaga kenyamanan dan ketertiban agar masyarakat berbelanja bisa dengan mudah dan arus transportasi menjadi lancar.
 
Dengan penertiban yang dilakukan secara humanis tersebut, para pedagang dapat memahami dan mengikuti aturan yang berlaku sehingga aktivitas jual beli di Pasar Panorama berlangsung tertib, lancar, aman, dan kondusif.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024