Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menjadikan Burung Kuau sebagai maskot pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan maskot Pilkada serentak Tahun 2024 di daerah itu sudah diluncurkan pada Sabtu (1/6) malam di Lapangan Dwi Tunggal Curup dengan dihadiri bupati setempat dan ketua KPU Provinsi Bengkulu bersama jajaran.

"Maskot Pilkada Rejang Lebong kali ini diberi nama "si Kuau". Maskot ini diambil dari nama burung Kuau yang juga identik dengan burung khas dari Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, dipilihnya burung Kuau sebagai maskot pilkada setempat selain sebagai satwa endemik Sumatra salah satu wilayahnya ialah di Kabupaten Rejang Lebong.

Peluncuran maskot Pilkada Rejang Lebong si Kuau ini, kata dia, menjadi langkah awal dalam menyambut pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 dengan riang gembira oleh segenap masyarakat Rejang Lebong.

Dia berharap dan mengajak masyarakat Rejang Lebong untuk ikut serta menyukseskan tahapan Pilkada Rejang Lebong, dan pada 27 November 2024 mendatang agar dapat menggunakan pilihnya sesuai dengan pilihan masing-masing dengan datang ke TPS guna memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi pada peluncuran maskot Pilkada Rejang Lebong memberikan apresiasi kepada KPU Rejang Lebong dan jajarannya dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2024 lalu, dan kini melaksanakan berbagai tahapan Pilkada serentak Tahun 2024.

Terkait maskot burung kuau yang diluncurkan oleh KPU Rejang Lebong, menurut dia, burung tersebut tidak asing di telinga masyarakat Rejang Lebong karena menjadi salah satu burung khas dari Bumi Pat Petulai.

"Ini bisa juga menjadi simbol, ketika masyarakat teringat si Kuau, maka masyarakat akan teringat bahwa si Kuau adalah Maskot Pilkada Rejang Lebong. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk datang ke TPS 27 November mendatang guna memilih Gubernur dan Wagub Provinsi Bengkulu serta Bupati dan Wabup Rejang Lebong," tegasnya.

Sedangkan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono dalam kesempatan itu meminta komisioner KPU Rejang Lebong agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 mendatang.

"Saya berharap pada tahapan Pilkada serentak 27 November mendatang, KPU Rejang Lebong dapat mempertahankan prestasi itu dan dapat meningkatkannya dari Pemilu sebelumnya. Proses Pemilu dan Pilkada ini telah diatur dalam undang-undang atau regulasi, marilah kita menyambutnya dengan riang gembira, tanpa ada persoalan sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sukses," kata Rusman.

Peluncuran maskot Pilkada Rejang Lebong ini dimeriahkan artis dangdut ibu kota dan penampilan grup band lokal dilaksanakan di Lapangan Dwi Tunggal Curup dihadiri Bupati Rejang Lebong, ketua dan anggota KPU Provinsi, para anggota KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu, anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu, Unsur Forkopimda Rejang Lebong dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024