Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menyiapkan tempat berjualan di Pasar Tradisional Modern (PTM) untuk 200 pedagang yang berjualan di Jl KZ Abidin atau di depan kawasan Mega Mall Bengkulu.

"Kami (Disperindag) menyiapkan lahan untuk pengalihan para pedagang di Jalan KZ Abidin. Kami dan pengelola PTM telah menyediakan tempat untuk 200 pedagang," kata Sekretaris Disperindag Kota Bengkulu Firjoni Aprianto di Bengkulu, Kamis.

Ia menyebutkan dengan disediakannya lokasi berjualan di dalam PTM, para pedagang dapat berjualan di lokasi tersebut agar kawasan jalan di KZ Abidin dapat kembali berfungsi dengan baik.

Jika para pedagang tetap tidak ingin pindah, maka Disperindag Kota Bengkulu akan melakukan penertiban kepada para pedagang dalam waktu dekat.

"Untuk penertiban tersebut kami (Disperindag) telah melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP Kota Bengkulu) terkait dilakukan penertiban terhadap para pedagang di kawasan KZ Abidin," ujar Firjoni.
 
Sementara itu, untuk penertiban di kawasan Pasar Panorama Kota Bengkulu menjadi pusat perbelanjaan yang bersih dan teratur telah mencapai 80 persen.
 
Saat ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Bengkulu terus melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pedagang kaki lima yang tetap berjualan di bahu jalan sekitar kawasan Pasar Panorama.

Selain melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pedagang, Pemkot Bengkulu juga meminta agar para pembeli untuk memarkirkan kendaraan nya saat berbelanja di kawasan Pasar Panorama.
 
Sementara itu, Pemkot Bengkulu berupaya menjadikan Pasar Panorama menjadi sentral perbelanjaan yang memiliki kesan tertib, bersih dan rapi.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera menyebutkan, untuk mewujudkan Pasar Panorama menjadi ikon Kota Bengkulu, Satpol-PP terus melakukan sosialisasi dan penertiban terhadap pedagang yang berjualan di bahu jalan.

"Kita ingin menjadikan pasar Panorama menjadi Sentral perbelanjaan yang memiliki kesan baik artinya tertib, bersih dan rapi. Tujuannya, adalah bagaimana menata Pasar Panorama menjadi pasar yang baik, tertib, bersih dan aman sehingga Satpol-PP akan terus melakukan upaya persuasif sosialisasi dan pendekatan lainnya agar terwujudnya hal tersebut," terang dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024