Aparat kepolisian di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, melakukan penanaman padi gogo atau disebut warga setempat padi darat di atas lahan seluas lima hektare di wilayah itu.

Komandan Batalion (Danyon) Detasemen A Brimob Polda Bengkulu Kompol Tomson usai melakukan penanaman padi gogo serentak di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan program tersebut digulirkan Polri secara serentak di tanah air dan untuk Provinsi Bengkulu dilaksanakan di enam kabupaten salah satunya ialah Kabupaten Rejang Lebong.

"Khusus di Kabupaten Rejang Lebong, kegiatan penanaman serentak dimotori Brimob yang dipusatkan di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah di atas lahan seluas lima hektare," kata dia.

Ia menjelaskan, penanaman padi gogo itu sendiri melibatkan kelompok tani, baik dalam proses penanaman maupun perawatannya. Di mana kelompok tani tersebut sebelumnya sudah diberikan pembinaan dan bimbingan dari pihak terkait.

Bibit padi gogo yang digunakan dalam program ini berasal dari BBIP Provinsi Bengkulu, dan sejauh ini yang baru tersalurkan sebanyak satu ton.

"Benihnya ini masih kurang, dan akan kami komunikasikan lagi. Mudah-mudahan bisa segera realisasi, sehingga bisa langsung ditanam di lahan seluas 270 hektar," terangnya.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon dalam kesempatan itu menyatakan kegiatan penanaman padi gogo serentak ini dalam rangka mengantisipasi adanya pemanasan global atau el nino, angin panas sehingga berpengaruh terhadap kondisi iklim geografis.

"Dalam rangka menyiapkan ketahanan pangan, maka disiapkan lah varietas padi yang minim perawatan, minim saluran irigasi. Sehingga dicanangkanlah penanaman serentak hari ini," jelas dia.

Dengan adanya penanaman padi gogo serentak ini termasuk di Kabupaten Rejang Lebong yang dimotori oleh Brimob ini, dia berharap nantinya dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Pertanian Kabupaten Rejang Lebong Amrul Eby menyatakan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan pihak kepolisian di wilayah itu, mengingat sebelumnya sudah ada MoU antara Kementerian Pertanian dan Kapolri, antara Kementerian Pertanian dan Panglima TNI.

"Setelah penanaman padi gogo di Desa Air Merah, kegiatan ini juga akan dilaksanakan di Kecamatan Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya. Lokasinya sudah kita tinjau dengan luasan lahannya mencapai 10 hektare," kata Amrul Eby.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024