Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menggelar pembinaan mental dan spiritual kepada warga di daerah itu yang tersebar dalam 15 kecamatan agar terhindar dari pengaruh negatif kemajuan zaman.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat membuka kegiatan pembinaan mental di Kecamatan Selupu Rejang, Rabu, mengatakan kegiatan pembinaan mental dan spiritual ini merupakan bagian dari kegiatan pembangunan non fisik yang dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong setiap tahunnya dengan sasaran kalangan pemuda dari berbagai desa/kelurahan di setiap kecamatan.

"Kegiatan pembinaan mental dan spiritual ini sangat bermanfaat bagi pemuda-pemudi, materi yang diberikan narasumber ini menjadi bekal dalam bermasyarakat," kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan pembinaan mental dan spiritual ini menyajikan pemateri dari Pemkab Rejang Lebong, kemudian ketua TP PKK, dari Kejari Rejang Lebong, Polres dan dari Kemenag Rejang Lebong.

Adapun materi yang diberikan pemateri dalam kegiatan itu, kata dia, meliputi pemahaman tentang kekerasan dalam rumah tangga, pembinaan keluarga sejahtera, pengetahuan hukum serta pembinaan keagamaan.

Kegiatan pembinaan mental yang dibukanya untuk tujuh kecamatan di wilayah Lembak yang dimulai dari Kecamatan Selupu Rejang itu merupakan lokasi pertama, dan nantinya akan dilanjutkan ke enam kecamatan lainnya yakni Binduriang, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu, Padang Ulak Tanding (PUT) dan Kota Padang.

Sedangkan untuk delapan kecamatan lainnya yang berada di wilayah perkotaan akan dilaksanakan setelah di wilayah Lembak selesai.

Dia berharap dengan adanya kegiatan pembinaan mental dan spiritual ini nantinya bisa memberikan pengetahuan kepada para pemuda-pemudi di wilayah itu sehingga menjadikan mereka sebagai pemuda yang tangguh dan trengginas. Sehingga, tidak mudah terpengaruh dampak negatif globalisasi.

Pelaksanaan pembinaan mental di Kecamatan Selupu Rejang ini dibuka langsung oleh Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dan diikuti 50 orang peserta yang berada dari 13 desa dan tiga kelurahan di Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024