Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 mencapai 95 persen.
 
"Di pemilihan presiden kemarin partisipasi pemilih sebesar 89 persen, harapan kami di Pilkada 2024 pasti naik mencapai 95 persen," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Endang Surya Bakti di Mukomuko, Jumat.
 
Ia meyakini partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 meningkat selain berkaca dari hasil partisipasi pemilih pada pilpres tahun ini dan rutinitas dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan sekolah.
 
Selain itu, menurutnya, karena singkatnya rentang waktu dari pemilihan legislatif dan presiden ke pemilihan kepala daerah tahun ini.
 
Selanjutnya, katanya, tinggal lagi pihaknya menggiatkan lagi kegiatan sosialisasi dengan cara turun ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat dan ke sekolah.
 
Selain KPU, katanya, ada keterlibatan badan ad hoc mulai dari tingkat kecamatan seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dalam memberikan sosialisasi tentang pilkada kepada masyarakat.

Ia mengatakan, kawan-kawan penyelenggara pemilu mulai dari tingkat PPK dan PPS selain memberikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dan melalui media sosial.
 
Untuk itu, ia meminta, kepada setiap anggota PPK dan PPS yang memiliki akun di media sosial untuk menyosialisasikan pilkada di akunnya masing-masing.
 
Kemudian, katanya, termasuk partai politik yang mengusung calon pasangan bupati dan wakil bupati pasti mensosialisasikan serta mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya di pilkada tahun ini.
 
"Kalau parpol itu otomatis menyosialisasikan Pilkada 2024 kepada masyarakat dan peran serta dari parpol ini meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada tahun ini," ujarnya.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024