Dua desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dinyatakan telah terentaskan dari status tertinggal berdasarkan hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilaksanakan oleh kades dan pendamping lokal desa.
 
"Dua desa ini yang selama ini berstatus tertinggal, yakni Desa Sendang Mulya dan Bukit Makmur. Kini status dua desa ini naik menjadi berkembang," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, di Mukomuko, Jumat.
 
Sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini serta para kepala desa dan pendamping lokal desa sejak bulan Mei 2024 melakukan pemutakhiran data IDM.
 
Pemutakhiran data IDM tahun 2024 berdasarkan surat Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI Nomor 140/PDP.03.04/III/2024 tanggal 28 Maret 2024 perihal Pemutakhiran Data IDM tahun 2025.
 
Dari hasil pemutakhiran data IDM tahun ini, katanya, jumlah desa mandiri di daerah ini bertambah dari sembilan menjadi 20 desa, desa maju bertambah dari 82 menjadi 94 desa.
 
Namun, katanya, jumlah desa yang berstatus berkembang di daerah ini berkurang dari 55 menjadi 34, lalu dua desa berstatus tertinggal jadi hilang.
 
Ia mengatakan, peningkatan status sebanyak 148 desa di daerah ini dipengaruhi oleh sarana dan prasarana yang banyak mengalami peningkatan, termasuk fasilitas juga mengalami penambahan.
 
Ia menjelaskan, dua desa sebelumnya berstatus tertinggal, salah satunya karena akses jalan yang sulit dilewati oleh kendaraan, kemudian keterbatasan sarana dan prasarana umum.
 
Sekarang ini, katanya, akses jalan menuju dua desa ini mudah dilewati, ditambah adanya sarana dan prasarana kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat di daerah ini.
 
Ia mengatakan, hasil pemutakhiran IDM tahun 2024 ini dilaporkan kepada Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Selanjutnya tahapan IDM akan ditetapkan oleh Menteri Desa pada Agustus untuk selanjutnya disampaikan ke Bappenas.
 
"Data IDM tahun ini menjadi pedoman bagi pemerintah pusat untuk mengalokasikan Dana Desa khusus untuk Kabupaten Mukomuko tahun 2025," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024