Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mencatat jumlah pemilih di daerah itu mengalami kenaikan hingga sekitar 5.000 orang dari daftar pemilih tetap (DPT) sebelumnya dalam menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024,.

"Jumlah pemilih menjelang pilkada 2024 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan jumlah pemilih pada DPT pemilu 2024," kata Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu Bambang Meiliansyah, di Bengkulu, Sabtu.

Dia menyebutkan DPT pada pemilu 2024 sebanyak 270.194 pemilih dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu, yang terdiri dari 132.661 pemilih laki-laki dan 137.533 pemilih perempuan, tersebar di 67 kelurahan dan 985 tempat pemungutan suara (TPS).

Dia juga mengatakan pihaknya akan melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk memastikan jumlah pemilih pemula pada pilkada yang dilaksanakan 27 November 2024,.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu telah melakukan perekaman terhadap 2.487 pemilih pemula menjelang pilkada 2024.

"Kami bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, perekaman tidak hanya dilakukan untuk anak usia 17 tahun, tetapi juga usia 16 tahun namun memasuki 17 tahun pada tahapan pemungutan suara nanti," kata Widodo.

Saat ini, kata dia, pihaknya terus berupaya melakukan perekaman KTP elektronik di setiap sekolah yang ada di Kota Bengkulu, dan dirinya meminta agar pihak sekolah ikut mendukung kegiatan jemput bola yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil setempat.

Selain melakukan jemput bola di sekolah untuk perekaman pada pemilih pemula, kata Widodo, pihaknya juga melakukan penggunaan identitas kependudukan digital (IKD).

Sebelumnya, Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu mencatat jumlah pemilih pemula untuk pilkada 2024 di daerah itu mencapai sekitar 63.900 orang, di antaranya 33.716 orang belum melakukan perekaman data KTP elektronik.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024