Sebanyak 900 rumah tangga di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2024 mendapat sambungan air bersih gratis melalui program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari pemerintah pusat.
 
"Sebanyak 900 rumah tangga yang mendapat sambungan air bersih gratis tersebar di Kecamatan Selagan Raya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Rabu.

Baca juga: Judi online salah satu penyebab perceraian ASN di Mukomuko
 
Menurut dia, Kabupaten Mukomuko pada 2024 menerima dana pembangunan daerah dalam skema Instruksi Presiden (Inpres) sebesar Rp5 miliar untuk peningkatan jaringan distribusi air bersih dan pemasangan sambungan baru untuk sekitar 900 rumah tangga.
 
Program SPAM yang bersumber dari dana Inpres untuk Kabupaten Mukomuko tersebut dikelola oleh Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR.
 
Ia mengatakan, pengusulan calon rumah tangga sebagai penerima program SPAM ini di mulai dari pemerintah daerah, PDAM didampingi Dinas PUPR Mukomuko.
 
Kemudian, katanya, kebutuhan dari pada sambungan rumah di-review oleh Inspektorat untuk mendapatkan keabsahan data, apakah dia punya KTP, KK, dan mendaftar ke PDAM.

Baca juga: Mukomuko usulkan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk perangkat desa
 
Dari hasil tersebut, katanya, terverifikasi sebanyak 900 sambungan rumah, lalu ditinjau kembali oleh BPPW untuk melihat hasil review sehingga difinalkan 900 SR.
 
Ia menjelaskan, selain data calon penerima, pengajuan SR (sambungan rumah) berdasarkan berapa sisa kapasitas debit air yang dihasilkan sumber intek, dan ternyata setelah dihitung kemampuan distribusi air dari sumber intek 100 liter per detik.
 
Menurutnya, berdasarkan hasil pengukuran tim PDAM masih ada sisa SR atau kapasitas yang ada ini bisa melebihi 900 SR.
 
Ia mengatakan, kalau pemerintah mau mengakomodir seluruh SR yang ada di jalur distribusi, mungkin nanti penanganan lain, diperlukan peninggian intek agar tendangan air meningkat dari 100 liter per detik menjadi 150 liter per detik.
 
Sementara itu, katanya, daerah ini banyak keperluan untuk penambahan SR karena wilayah yang dilayani PDAM selain Kecamatan Selagan Raya, termasuk Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Kota Mukomuko, V Koto, dan terakhir Kecamatan Air Manjuto.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024