Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meluncurkan situs web untuk masyarakat memantau harga komoditas pangan di tiga pasar yang ada di wilayah tersebut. 

Untuk situs web yang dapat diakses oleh masyarakat untuk mengetahui harga bahan pokok atau komoditas pangan di wilayah tersebut melalui https://sigahada.bengkulukota.go.id/.
 
"Jika masyarakat membutuhkan informasi terkait harga bahan pokok, masyarakat bisa menghubungi Disperindag atau situs web sigahada," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu Erika Ariesanti di Bengkulu, Kamis.
 
Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui harga komoditas pangan seperti cabai, ayam potong, daging sapi, telur, sayur-sayuran, dan lainnya.
 
Untuk aplikasi tersebut, pihaknya akan terus memperbarui data harga komoditas pangan sesuai dengan kondisi di tiga pasar yang ada di Kota Bengkulu.
 
Sementara itu, saat ini sejumlah harga komoditas pangan yang ada di Kota Bengkulu mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir setelah pihaknya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga pasar yaitu Pasar Panorama, Pasar Minggu dan Pasar Barukoto.
 
Erika mengatakan, kenaikan sejumlah harga komoditi pangan yang ada di Kota Bengkulu terjadi disebabkan karena terbatasnya ketersediaan stok di wilayah tersebut dan juga beberapa hal lainnya.
 
"Salah satu penyebab kenaikan harga cabai dan sayur-mayur di beberapa pasar disebabkan oleh jalur distribusi pasokan komoditi tersebut. Seperti cabai, cabai dari Seluma lebih murah karena jarak tempuh nya tak terlalu jauh. Ini berbanding terbalik dengan cabai dari Curup condong lebih mahal," sebutnya.
 
Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berkomitmen memastikan ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan pedagang dalam menjaga keseimbangan pasar.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024