Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 di wilayah itu yang telah memenuhi kuota baru ada 10 sekolah.

Sekretaris Dinas Dikbud Rejang Lebong Hanapi saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pengumuman PPDB di sekolah tingkat SD dan SMP baik negeri maupun swasta di wilayah itu dilaksanakan 8 Juli 2024, dan selanjutnya pada 9 hingga 11 Juli diteruskan dengan pendaftaran ulang siswa baru.

"Dari ratusan sekolah tingkat SD dan SMP negeri yang ada di Rejang Lebong sampai batas waktu penutupan PPDB tahun ajaran 2024/2025 pada tanggal 3 Juli 2024 baru ada 10 sekolah yang penerimaan siswa barunya memenuhi kuota empat rombel, sedangkan yang lainnya belum memenuhi kuota," kata dia.

Dia menjelaskan sekolah yang proses penerimaan siswa barunya sudah memenuhi kuota maksimal sebanyak empat rombongan belajar (rombel) baik tingkat SD maupun SMP.

Sedangkan untuk sekolah negeri baik tingkat SD maupun SMP yang belum memenuhi kuota PPDB, kata dia, masih diperbolehkan menerima siswa baru hingga terpenuhi minimal satu rombel sebelum batas akhir penginputan data pokok pendidikan (dapodik) pada bulan Agustus mendatang.

Menurut dia, sejauh ini sekolah-sekolah yang belum terpenuhi kuota maksimal itu tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, kendati demikian sekolah-sekolah ini sudah mendapatkan siswa baru cuma belum terpenuhi kuotanya saja.

"Sekolah-sekolah yang kuotanya belum terpenuhi sebanyak empat rombel, saat ini sekolah-sekolah itu sudah mendapatkan siswa baru misalnya baru satu atau dua rombel," terangnya.

Adapun sekolah yang proses PPDB nya sudah terpenuhi maksimal sebanyak empat rombel di antaranya untuk SD yaitu SD Negeri 1 Rejang Lebong, SDN 2, SDN 4, SDN 7 dan SD Negeri 105 Rejang Lebong.

Kemudian untuk SMP ialah SMP Negeri 1 Rejang Lebong, SMPN 2 Rejang Lebong, SMPN 3 Rejang Lebong, SMPN 4 Rejang Lebong dan SMP Negeri 5 Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024