Bengkulu (Antara) - Tujuh kepala daerah kabupaten di Provinsi Bengkulu akan dilantik pada 17 Februari 2016 atau lima hari setelah pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah pada 12 Februari 2016.

Pelaksana tugas Sekretaris Provinsi Bengkulu Sumardi di Bengkulu, Rabu, mengatakan tujuh kepala daerah kabupaten tersebut akan dilantik oleh gubernur bertempat di Kota Bengkulu.

"Pelantikan gubernur dan wakil gubernur dijadwalkan di Istana Negara pada 12 Februari lalu gubernur akan melantik bupati pada 17 Februari," kata Sumardi.

Ia mengatakan tujuh kepala daerah kabupaten yang dilantik tersebut yakni bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Seluma, pasangan Bundra Jaya-Suparto, bupati dan wakil bupati Bengkulu Utara, pasangan Mian-Arie Septia.

Selanjutnya pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Kepahiang, Hidayatullah-Neti Herawati, pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Selatan Dirwan Mahmud-Gusnan.

Kepala daerah terpilih Kabupaten Rejanglebong pasangan Hijazi-Iqbal Bastari, bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mukomuko Chairul Huda-Khaidir serta pasangan kepala daerah terpilih Kabupaten Lebong, Rosjonsyah-Wawan.

Pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Kaur, Gusril Fauzi-Yulis Suti Sutri akan dilantik setelah masa jabatan bupati dan wakil bupati daerah itu berakhir pada Juni 2016.

Sumardi mengatakan, sesuai peraturan perundang-undangan, pelantikan kepala daerah provinsi digelar di ibu kota negara, sedangkan pelantikan kepala daerah kabupaten dan kota digelar di ibu kota provinsi.

"Pelantikan akan digelar di gedung yang kondusif dan bisa menampung seluruh undangan," ujarnya.

Pemilihan kepala daerah provinsi dan delapan kabupaten dan kota di Bengkulu digelar serentak pada 9 Desember 2015. Sedangkan pemilihan kepala daerah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu baru berlangsung pada 2017.***2***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016