Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi menyatakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan di daerah itu akan mendorong prilaku hidup sehat dalam masyarakat setempat.

"Program Germas ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar peduli dengan kesehatan, melalui program pemerintah ini diharapkan masyarakat mempraktikkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," kata dia pada acara rapat koordinasi pelaksanaan Germas 2024 yang digelar Dinkes Rejang Lebong di Gedung BLKM Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, program Germas ini sangat penting diterapkan sehingga nantinya akan membuat situasi dan lingkungan masyarakat dapat hidup sehat dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk menyukseskan program Germas di wilayah itu, kata dia, harus dilakukan kolaborasi lintas sektor, karena program Germas bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan semata tetapi harus melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Dia berharap, pertemuan lintas sektor penguatan program Germas di Kabupaten Rejang Lebong tersebut dapat memperkuat komitmen dan bersinergi menggalakkan kembali gerakan masyarakat hidup sehat.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Rejang Lebong Alhisyam menjelaskan, pertemuan koordinasi mitra pendukung pelaksanaan Germas di Kabupaten Rejang Lebong ini diikuti 70 orang peserta yang berasal Dinas Kesehatan, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya, camat, kepala puskesmas dan lainnya.

"Kegiatan ini untuk mendukung pelaksanaan Germas tingkat Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat," terangnya.

Menurut dia, program Germas itu sendiri merupakan inisiatif nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perilaku hidup sehat.

"Program ini adalah tindakan sistematis dan terencana yang melibatkan seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk berprilaku sehat," jelas dia.

Program Germas ini, tambah dia, juga untuk mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan energi untuk kehidupan sehari-hari melalui tujuh kegiatan utama seperti aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, pemeriksaan kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan penggunaan jamban sehat.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024