Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan pangan tahap III dari pemerintah pusat untuk wilayah itu.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, A. Musalim Yudha, pada acara launching penyaluran bantuan pangan tahap III di Gudang Bulog Cabang Rejang Lebong di Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Senin, mengatakan bantuan pangan berupa beras untuk Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Kabupaten Lebong per bulan mencapai 424,64 ton.

"Secara global penyaluran bantuan pangan beras ini akan dilaksanakan untuk tiga bulan alokasi, yakni Agustus, Oktober, dan Desember 2024 dengan jumlah kuantum per alokasi sebanyak 424.640 kg," kata dia.

Dia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan beras tersebut berdasarkan surat Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 165/TS.03.03/K/06/2024 tanggal 07 Juni 2024 tentang Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap III Tahun 2024.

Bantuan pangan tahap III ini, kata dia, dibagikan kepada keluarga penerima manfaat atau KPM yang sudah diverifikasi dan divalidasi, di mana setiap KPM akan menerima bantuan beras 10 kg per bulan.

Bantuan pangan yang disalurkan pihak Bulog Cabang Rejang Lebong ini terbagi dalam tiga kabupaten yakni Rejang Lebong sebanyak 196.740 kg, kemudian Kepahiang 127.700 kg, dan Kabupaten Lebong 100.200 kg.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat menghadiri launching bantuan pangan tahap III ini menyatakan penyaluran bantuan pangan beras CPP ini merupakan program nasional guna menanggulangi kemiskinan ekstrem, kerawanan pangan dan gizi, serta menjaga stabilitas harga dan pengendalian inflasi.

"Sasaran penerima bantuan pangan beras adalah masyarakat miskin, rawan miskin. Penyaluran bantuan pangan beras CPP tahap III merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah," jelas dia.

Dia berharap penyaluran bantuan beras di wilayah itu bisa berjalan tepat waktu dan diberikan kepada masyarakat yang berhak atau tepat sasaran.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024