Rejanglebong (Antara) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, tengah menyiapkan 10.000 bibit tanaman yang akan dibagikan secara gratis kepada warga daerah itu.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Rejanglebong Gunawan Sumantri, di Rejanglebong, Rabu, mengatakan program pembagian bibit gratis ini dilakukan dalam mendukung visi dan misi bupati setempat yang terpilih pada Pilkada 2015.

"Bibit gratis ini jenis kayu-kayuan yang memiliki nilai ekonomis tinggi," katanya.

Bibit yang biasa digunakan dalam peremajaan hutan, yakni kayu mahoni, bambang lanang, meranti dan pala itu, akan diberikan kepada kelompok tani yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.

Kelompok tani yang berminat diminta mengajukan permohonan ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan setempat.

Pembagian bibit gratis ini rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat dan menunggu turunnya anggaran pembelian bibit dalam APBD Rejanglebong 2016 maupun usulan yang diajukan ke Permpov Bengkulu.

Aneka bibit yang akan dibagikan itu, tambah dia, selain berasal dari usaha pembibitan yang dikelola Dinas Kehutanan dan Perkebunan Rejanglebong, ditambah pula dengan pembelian dari sejumlah kelompok penangkaran yang ada di daerah itu maupun dari luar daerah.

Gunawan berharap program tersebut selain akan membantu pemulihan kerusakan hutan di Rejanglebong juga akan memberikan manfaat ekonomis bagi warga di sejumlah kawasan hutan dan lahan kritis.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016