Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko Provinsi Bengkulu akan mempermudah investor yang berminat membangun pembangkit listrik tenaga nondiesel di daerah itu.

"Kami mengundang dan mengajak investor membangun pembangkit listrik nondiesel di daerah ini. Saya akan permudah investor termasuk perizinan asal dia benar-benar melakukan investasi membangun pembangkit listrik di Kabupaten Mukomuko," kata Bupati Mukomuko Choirul Huda di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan pembangkit listrik itu guna mengatasi krisis listrik yang semakin parah di daerah itu.

Choirul Huda mengatakan, pihaknya sudah mengecek penyebab krisis listrik di PLN. Beberapa diesel milik perusahaan itu mati. Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) tidak berfungsi secara normal. Ada perbaikan kerusakaan PLTD yang dikontrakkan.

"Saya belum puas. Saya ingin ada solusi pembangkit listrik tidak diesel lagi. Apakah ada pembangkit listrik lain," ujarnya.

Ia mengatakan apapun jenis pembangkit listrik yang dibangun investor di daerah itu, yang penting masyarakat terbantu.

Pemerintah setempat, katanya, siap melayani perizinan. Bantuan perizinan ini demi ketersediaan energi listrik di daerah itu.

Menurut dia, kalau ketersediaan listrik stabil maka berbagai macam industri besar maupun kecil bisa masuk ke Kabupaten Mukomuko.

"Sekarang orang mau bikin pakan ternak dari limbah atau tandan kosong kelapa sawit begitu tahu listrik tidak ada mereka mundur," ujarnya.

Menurut dia, kalau saja pasokan listrik stabil maka usaha pembuatan limbah sawit menjadi pakan itu sangat bagus dikembangkan di daerah itu.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016