Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menargetkan sebanyak 23.477 anak di wilayah tersebut mengikuti pekan imunisasi nasional (PIN) Polio tahap kedua yang telah dilakukan sejak 12 hingga 16 Agustus 2024.

Pelaksanaan PIN polio tersebut dilakukan diseluruh diseluruh puskesmas dan sekolah-sekolah baik tingkat PAUD hingga SD di Kota Bengkulu.
 
Pelaksanaan PIN polio kedua dilakukan guna memastikan bahwa anak-anak usia 9 hingga 7 tahun di Kota Solo mendapatkan vaksin polio sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
 
Guna meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak-anak di Kota Bengkulu terhadap virus polio dan mengurangi risiko penyebaran penyakit polio.
 
"Untuk kendala tidak ada di vaksinasi tahap dua ini, dan respon orang tua murid sangat mendukung dengan adanya vaksinasi polio ini," kata Kepala Sekolah Negeri 85 Kota Bengkulu Minar Siahaan di Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan, dengan adanya program PIN polio sangat membantu untuk menjaga kesehatan anak-anak dan mencegah terjadinya kasus polio di masa depan.
 
Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu melakukan aksi jemput bola dan tindakan sweeping untuk meningkatkan capaian vaksinasi terhadap anak-anak di wilayah tersebut.
 
Hal tersebut dilakukan sebab pada pelaksanaan vaksinasi polio tahap pertama yang dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Bengkulu mencapai 27 ribu dari target 52 ribu anak.
 
Untuk itu, pihaknya menurunkan tim agar mendatangi satu persatu rumah atau kediaman anak-anak yang belum melakukan vaksin polio.
 
Meskipun melakukan aksi jemput bola, untuk masyarakat yang ingin ingin anaknya dilakukan vaksin polio dapat mendatangi layanan kesehatan seperti puskesmas dan lainnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024