Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bengkulu terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar sampah ataupun lahan selama musim kemarau sebagai antisipasi kebakaran.
 
"Setiap hari ada aja kebakaran lahan dan bangunan akibat perilaku warga yang membakar sampah dan dengan sengaja membakar lahan," kata Kepala Damkar Kota Bengkulu Yuliansyah di Bengkulu, Ahad.
 
Ia menyebutkan, sosialisasi tersebut terus dilakukan sebab selama Agustus 2024 telah terjadi puluhan kasus kebakaran lahan yang terjadi di Kota Bengkulu.
 
Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan anggota bhabinkamtibmas untuk terus melakukan pengawasan.
 
Selain itu, dirinya meminta agar masyarakat segera menghubungi Dinas Damkar Kota Bengkulu jika melihat atau menemukan lahan yang terbakar.
 
"Kami selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk sementara waktu tidak membakar lahan, sampah dan lainnya. Sebab dampaknya cukup berbahaya dan jangan sampai nanti masyarakat Kota Bengkulu diinstruksikan untuk menggunakan masker akibat dampak kebakaran lahan," kata Yuliansyah.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata agar seluruh masyarakat tidak melakukan aktivitas membakar sampah atau lahan selama musim kemarau guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.
 
Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan atau lahan di wilayah Kota Bengkulu, Polresta dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan membentuk tim gabungan untuk melakukan patroli guna memberikan sosialisasi terkait bahayanya karhutla.
 
"Terkait fenomena La Lina di Kota Bengkulu, kita rasakan sendiri panasnya sangat menyengat. Ini harus kita antisipasi walaupun memang Bengkulu ini tidak termasuk yang rawan atau zona merah. Namun, bukan berarti tidak menjadi perhatian, tetap menjadi atensi karena karhutla ini menjadi atensi presiden, atensi kementerian bahkan atensi dunia," ujar Deddy.*

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024