Mukomuko (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu mulai tahun ini akan mengambil alih pengelolaan terminal tipe B di Kabupaten Mukomuko sehingga dapat memaksimalkan fungsinya dalam melayani transportasi darat di daerah ini.

"Pengelolaan terminal tipe B di Kelurahan Koto Jaya mulai dari sekarang diambil alih provinsi, termasuk pengalihan personel terminal di daerah ini," kata Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Hendra Gusti, di Mukomuko, Kamis.

Kabupaten Mukomuko memiliki tiga terminal, yaitu dua terminal tipe C dan satu terminal tipe B.

Ia mengatakan, saat ini sedang berjalan pelaksanaan pengalihan semua aset dan sarana prasarana terminal, termasuk pengalihan personel ke provinsi.

"Mekanisme pengalihan terminal ini berjalan seperti pusat mengambil alih pengelolaan terminal tipe A di Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Selanjutnya, katanya lagi, untuk pengembangan terminal tipe B di daerah itu dilaksanakan oleh pemerintah provinsi.

Selain itu, katanya, seluruh personel terminal tipe B ditangani provinsi setempat. Pihaknya yang akan menjalankan terminal tipe B di kabupaten itu.

Ia menerangkan, aset di terminal tipe B di daerah itu hanya dua gedung yakni satu gedung lantai satu dan gedung bertingkat. Terminal di daerah ini juga belum memiliki unit pelaksanaan penimbangan kendaraan bermotor.***1*** 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016