Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, membatasi massa pendukung pasangan calon pilkada serentak 2024 di wilayah itu saat pendaftaran pada 27-29 Agustus mendatang.

"Untuk menjaga ketertiban selama proses pendaftaran KPU Rejang Lebong hanya akan memfasilitasi massa yang masuk ke KPU sebanyak 220 orang," kata Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Rejang Lebong Muhammad Anas Kholiq usai rakor persiapan pendaftaran bapaslon Pilkada Serentak Tahun 2024 di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan, massa pendukung bapaslon yang diperbolehkan masuk ke areal KPU Rejang Lebong ini sebanyak 20 orang nanti akan ditempatkan di teras tempat pendaftaran, dan 200 massa pendukung di tenda samping kantor KPU Rejang Lebong.

Selain itu KPU Rejang Lebong, kata dia, juga meminta disiapkan dua orang koordinator dari masing-masing bapaslon yang ditugaskan untuk mengendalikan massa saat pendaftaran, agar tidak mengganggu proses pendaftaran bapaslon.

"Kalau untuk lokasi parkir sudah disiapkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup, nantinya bapaslon bersama massa pendukungnya akan berjalan kaki menuju Kantor KPU Rejang Lebong," terangnya.

Pada proses pendaftaran ini KPU Rejang Lebong akan menyiapkan dua pintu, di mana pintu pertama akan disambut oleh Sekretaris KPU Rejang Lebong dan pintu kedua menuju aula pendaftaran bapaslon.

"KPU Rejang Lebong juga memfasilitasi bapaslon untuk melakukan konferensi pers terkait pendaftaran masing-masing pasangan calon," ujarnya.

Menurut dia, menjelang pendaftaran bapaslon Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong ini penghubung atau LO dan parpol pengusung untuk memaksimalkan layanan help desk KPU Rejang Lebong.

"Help desk yang disiapkan KPU Rejang Lebong ini untuk sarana konsultasi guna memudahkan proses pendaftaran masing-masing bapaslon, karena pendaftarannya nanti waktunya cukup singkat," kata dia lagi.

Pada pendaftaran bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong ini sudah pastikan akan diikuti tiga pasangan yang akan mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong pada 28 dan 29 Agustus.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024