Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 dengan suasana riang gembira dan terhindar dari politisasi SARA.

"Saya Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat provinsi Bengkulu untuk mari bersama-sama menciptakan Pilkada Provinsi Bengkulu yang aman damai riang gembira," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin.

Baca juga: Gubernur Bengkulu: Berobat gratis cukup pakai KTP atau KK

Baca juga: BI: Sawit dan kopi tumpuan ekonomi Bengkulu triwulan III 2024
 
Menurut dia pemilihan kepala daerah merupakan ajang pesta demokratis. Menurut dia sudah seharusnya perhelatan berlangsung sesuai semangatnya, riang gembira, aman dan damai.
 
"Mari tolak segala isu SARA yang dapat merusak kerukunan masyarakat, harmonisasi masyarakat, rasa kekeluargaan di tengah masyarakat Bengkulu. Mari sambut pilkada dengan penuh nilai demokratis dalam suasana penuh kekeluargaan," kata dia.
 
Gubernur Rohidin mengatakan penyelenggara, pemerintah daerah, penegak hukum dan pemangku kepentingan di Bengkulu juga terus meningkatkan kerja sama serta koordinasi demi mewujudkan mimpi pilkada yang gemilang, berjalan efektif dan sukses.
 
"Kami berharap Pilkada Serentak 2024 ini berjalan efektif dan efisien. Untuk itu, perlu memperkuat koordinasi dan kerja sama dari seluruh pihak terkait agar pesta demokrasi ini berjalan sukses," ucap gubernur.
 
Menurut gubernur di era teknologi sekarang yang semakin canggih tentu pengawasan dan pengaduan terkait kondisi di lapangan akan lebih mudah, cepat dan murah. Oleh sebab itu, dirinya mendorong penguatan pengawasan dan partisipasi pengawasan dengan memanfaatkan kanal-kanal tersebut.

Baca juga: Pelaksanaan program nikah masal di Kota Bengkulu ditunda

Baca juga: KPU Bengkulu tunggu hasil PKPU pencalonan untuk Pilkada 2024
 
"Tentu, dalam hal pengawasan dan pengaduan di lapangan akan lebih mudah dilakukan. Dengan memanfaatkan aplikasi pengawasan atau kanal-kanal pengaduan yang tersedia sehingga kondisi di lapangan dengan cepat terpantau," kata dia.
 
Kemudian, kata dia edukasi dan sosialisasi menjadi kegiatan penting direalisasikan untuk meningkatkan kesadaran, hak dan tanggung jawab masyarakat dalam pilkada.
 
"Sehingga nanti menghasilkan pilkada yang berkualitas dan berintegritas betul-betul dihadirkan secara bersama-sama," ujar gubernur.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024