Pendaftaran tiga pasangan bakal calon (paslon) Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong berlangsung aman dan kondusif. Aparat Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong memastikan tidak ada gangguan selama proses pendaftaran yang berlangsung hingga hari terakhir.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Eko Budiman, mengungkapkan proses pendaftaran paslon di Kantor KPU Rejang Lebong pada Kamis berjalan lancar. “Alhamdulillah, pendaftaran tiga pasangan calon di KPU Kabupaten Rejang Lebong berlangsung kondusif tanpa gangguan apa pun,” ujar Kapolres.

Pendaftaran ini berlangsung pada hari terakhir batas waktu yang telah ditetapkan, setelah dibuka sejak 27 Agustus lalu. Menurut AKBP Eko Budiman, paslon pertama mendaftar pada pukul 09.00 WIB, disusul paslon kedua pada pukul 13.00 WIB, dan paslon ketiga pada pukul 16.00 WIB.

Untuk menjaga keamanan selama proses pendaftaran, Polres Rejang Lebong melibatkan 350 personel gabungan dari Polres, Kodim 0409/Rejang Lebong, Brimob Polda Bengkulu, dan petugas dari Pemkab Rejang Lebong.

“Pada tahapan Pilkada berikutnya, Polres Rejang Lebong akan menyiapkan kekuatan maksimal, termasuk bantuan dari Brimob dan Kodim 0409/Rejang Lebong,” katanya.

Selain itu, pengamanan khusus juga dilakukan di Kantor KPU Rejang Lebong, Kantor Bawaslu Rejang Lebong, serta para komisioner KPU, dengan penempatan puluhan personel guna menjaga kelancaran tahapan Pilkada serentak 2024.

Ketua KPU Rejang Lebong, Ujang Maman, mengatakan tiga bakal pasangan calon (bapaslon) telah resmi mendaftar. Pasangan pertama adalah Syamsul Effendi dan Juhendra yang diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, PKB, Partai Perindo, serta didukung PPP dan Gelora, dengan total suara sah 70.529.

Pasangan kedua, Hendra Wahyudiansyah dan Herizal Apriansyah, didukung oleh Partai NasDem, PKS, PSI, Hanura, PBB, PKN, dan Partai Ummat, dengan suara sah 30.202. Sedangkan pasangan ketiga, M. Fikri Thobari dan Hendri, diusung oleh PAN, PDIP, dan Partai Demokrat dengan total suara sah 55.823.

Tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan, di mana KPU Rejang Lebong akan menyiapkan pengantar bagi para calon ke RS M. Yunus Bengkulu untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang wajib dilalui.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024