Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo memasang perangkat VSAT untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan internet di desa sulit sinyal internet atau "blank spot" di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.
 
"Hari ini Bakti Kominfo memasang perangkat VSAT di Desa Sinar Laut, Kecamatan Pondok Suguh," kata Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan hal itu usai menerima laporan dari Kades Sinar Laut, Kecamatan Pondok Suguh terkait pemasangan perangkat VSAT untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan internet oleh Bakti.
 
Sebanyak 29 sekolah, desa, dan Pos Angkatan Laut di Kabupaten Mukomuko menerima bantuan akses internet dari Bakti Kominfo pada 2024.
 
Terkait dengan pemasangan perangkat VSAT untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan internet di daerah ini, ia mengatakan pihaknya sudah menghubungi pihak kementerian untuk memastikan jadwal pemasangan.
 
Ia mengatakan, bantuan akses internet Bakti Kominfo ini merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Diskominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kantor Kemenag, dan Pos Angkatan Laut.
 
Dari usulan tersebut, Kantor Kemenag Kabupaten Mukomuko mendapatkan jatah sebanyak 12 titik untuk MAN dan MTs, Disdikbud dua sekolah dasar, Posal satu titik, dan 14 desa.
 
"Seluruh usulan dari berbagai instansi di daerah ini masuk ke aplikasi Bakti Kominfo," ujarnya.
 
Untuk kapasitas bantuan layanan telekomunikasi dan internet dari Bakti Kominfo ini cukup besar, yakni 2 Mbps.
 
Ia menambahkan bahwa daerah ini sebelumnya pernah mendapatkan bantuan akses dan layanan telekomunikasi dan internet Bakti Kominfo pada 2021 di 10 desa.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024