Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menyebut kata unik untuk menggambarkan pesona wisata alam Pantai Panjang Kota Bengkulu.

"Pantai Panjang unik. Baru kali ini saya melihat pantai dengan vegetasi cemara yang rapi di pinggir pantai. Ini ciri yang bisa menarik wisatawan," katanya di Bengkulu, Minggu

Menpakeraf dua hari di Kota Bengkulu dalam pencanangan Gerakan Nasional Indonesia Bersih dan Festival Pesisir Bengkulu dipusatkan di Pantai Panjang.

Ia mengatakan pesona pantai sepanjang 7 kilometer dengan hamparan pasir putih sebaiknya ditata semi ekowisata.

Penataan pedagang dan penginapan dengan standar yang sesuai menurutnya harus menjadi perhatian pemerintah daerah.

"Penting ada zonasi, di mana pedagang, lokasi rekreasi dan tempat khusus untuk menggelar even," tambahnya.

Menparekraf yang menginap di salah satu hotel di pinggir pantai mengatakan yang perlu ditata adalah pedagang kuliner dan cendera mata.

Sementara lokasi pelaksanaan berbagai even menurutnya sudah tersedia di pusat kegiatan olahraga yang menyediakan lapangan untuk panggung terbuka.

"Panggung tertutup juga sudah tersedia. Baru dibangun tahun lalu dan sudah bisa dipergunakan. Ini potensi yang baik untuk menggelar berbagai even regional, nasional bahkan internasional di sini," kata Mari.

Selain keunikan pesisir pantai tersebut, ia juga mengungkapkan kekaguman terhadap perawatan beberapa peninggalan sejarah Bengkulu.

Keberadaan sejumlah peninggalan bersejarah yang membuktikan Bengkulu pernah menjadi bagian dari pemerintahan Inggris.

"Ditambah lagi sejarah perjuangan bangsa yang ditorehkan Bung Karno di sini hingga sebagai tempat kelahiran Ibu Fatmawati," tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu Darrussalam mengatakan kawasan wisata Pantai Panjang memang diproyeksikan sebagai salah satu objek wisata andalan Bengkulu.

"Wisata alam Pantai Panjang dan wisata sejarah menjadi modal pengembangan pariwisata Bengkulu," katanya.

Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah Provinsi Bengkulu terus meningkatkan penghijauan kawasan itu sehingga tetap hijau dan lestari.

Selain itu, penambahan fasilitas yakni panggung tertutup di kawasan tersebut yang memungkinkan untuk menggelar berbagai kegiatan. (rni)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012