Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, Minggu membuka dua agenda pemerintah provinsi yakni Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu dan "Bengkulu Expo".

Dua agenda dari dua dinas berbeda yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan digelar serentak untuk mempromosikan wisata dan potensi sumber daya alam Bengkulu.

"Memadukan dua even berbeda seperti ini sangat memanjakan pengunjung, asal keduanya disiapkan seoptimal mungkin," katanya saat membuka Festival Pesisir Pantai Panjang, di Kota Bengkulu.

Festival Pesisir Pantai Panjang diisi berbagai kegiatan antara lain lomba kuliner menu hasil laut yang diikuti kelompok PKK kabupaten dan kota, parade budaya, pagelaran musik dol dan lomba busana bahan batik besurek.

Menurut Menteri kegiatan yang digelar di lokasi wisata merupakan salah satu strategi untuk mengangkat dan memperkenalkan objek wisata tersebut kepada pengunjung.

"Tempat pameran dan festival ini sangat strategis di kawasan wisata, ini salah satu cara memperkenalkan sebuah objek wisata," katanya.

Ia mengharapkan tidak hanya tingkat lokal, namun kegiatan tersebut dapat digelar tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Sedangkan "Bengkulu Expo" memamerkan potensi unggulan masing-masing daerah dari 10 kabupaten dan kota.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Ali Musramin mengatakan sebanyak 70 peserta mengikuti pameran.

"Mulai dari potensi investasi daerah, produk usaha kecil menengah hingga jasa," katanya.

Ia mengatakan sejumlah provinsi tetangga juga diundang dalam kegiatan ini hanya saja belum bisa hadir.

Adanya agenda serupa di masing-masing daerah membuat perwakilan provinsi lain tidak dapat berpartisipasi.

"Tapi ada satu peserta yang merupakan biro perjalanan wisata dari Malaysia yang ikut pameran ini," katanya.

Festival Pesisir Bengkulu berlangsung Sabtu dan Minggu (26-27/5) sedangkan "Bengkulu Expo" akan digelar hingga 29 Mei 2012. (rni)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012