Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengajak kalangan pemilih pemula di wilayah itu untuk menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2024 yang akan dilaksanakan 27 November mendatang.

"Pemilih pemula ini atau istilahnya generasi Z (Gen Z), mereka ini baru akan menggunakan hak pilihnya tahun ini, jadi kita ajak mereka menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2024 dengan menggunakan hak pilihnya nanti dan tidak golput," kata Kepala Badan Kesbangpol Rejang Lebong Zulfan Efendi usai menggelar acara sosialisasi Pilkada serentak Tahun 2024 di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, jumlah daftar pemilih pemula pada Pemilu legislatif dan Pilpres 14 Februari 2024 lalu cukup besar yang mencapai 27 persen. 

Jumlah suara generasi Z atau mereka yang lahir pada Tahun 1997-2012 tersebut, kata dia, bisa mempengaruhi sukses dan tidaknya pelaksanaan pilkada di wilayah itu nantinya.

Menurut dia, para pemilih pemula yang hadir dalam acara sosialisasi Pilkada 2024 dengan tema peran serta media dalam mendukung Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong dengan jumlah mencapai 150 orang.

Dia berharap, acara yang menghadirkan pembicara dari KPU, Bawaslu, Polres, Dinas Kominfo Rejang Lebong serta pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rejang Lebong dapat memberikan pengetahuan masalah Pilkada serentak Tahun 2024 guna memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu serta Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong.

Sementara itu, ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman dalam kegiatan ini mengatakan tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 sudah masuk tahapan pemberitahuan dan pengumuman hasil penelitian persyaratan administrasi calon oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota terhitung 13-14 September.

Selanjutnya pada 15-18 September adalah tahapan menerima masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan pasangan calon (paslon). Seterusnya 15-21 September berupa klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan paslon.

Sedangkan pada 22 September adalah tahapan penetapan paslon, dan keesokan harinya 23 September berupa pengundian dan pengumuman nomor urut paslon Pilkada serentak Tahun 2024.

"Untuk tahapan kampanye Pilkada serentak Tahun 2024 akan dimulai dari 25 September hingga 23 November 2024, dan pelaksanaan pemungutan suara tanggal 27 November 2024," terangnya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024