Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Syamsul Effendi mengajak kalangan pelajar di wilayah itu menyosialisasikan gerakan aksi bergizi kepada masyarakat dan keluarganya masing-masing.

"Informasi tentang makanan bergizi yang harus kita konsumsi sehari-hari ini hendaknya bisa disebarluaskan oleh pelajar kepada keluarga dan teman-temannya," kata dia usai menghadiri gerakan aksi bergizi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong, Jumat.

Dia mengatakan, gerakan aksi bergizi yang dilaksanakan di MAN Rejang Lebong tersebut diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Rejang Lebong, di mana tujuannya untuk memberikan pemahaman makanan bergizi dan seimbang yang harus dikonsumsi pelajar sehari-hari.

"Lokasi pelaksanaannya di MAN Rejang Lebong ini dipilih karena jumlah pelajarnya cukup banyak sehingga bisa memudahkan sosialisasinya ke masing-masing keluarga maupun masyarakat luas," terangnya.

Gerakan Aksi Bergizi dilaksanakan oleh Dinkes Provinsi Bengkulu dan Dinkes Rejang Lebong itu, kata dia, merupakan bagian dari program gerakan masyarakat (germas) hidup sehat dan upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Rejang Lebong.

Pada kegiatan yang diikuti ratusan pelajar MAN Rejang Lebong dari kelas X hingga XII ini juga dilakukan pembagian tablet tambah darah dari Dinas Kesehatan Rejang Lebong, di mana tablet ini diberikan kepada pelajar putri dengan tujuan mencegah anemia.

Dia berharap dengan adanya Gerakan Aksi Bergizi yang dilaksanakan di MAN Rejang Lebong tersebut nantinya dapat memberikan pemahaman hidup sehat di kalangan pelajar dalam upaya mencegah terjadinya gizi buruk serta stunting.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Moh.Redhwan Arif dalam kesempatan itu menyatakan, gerakan aksi bergizi ini harus didukung semua pihak sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat, terutama pada generasi muda.

"Kita semua menyadari bahwa gizi yang baik merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan SDM. Tanpa gizi yang memadai, anak-anak dan remaja tidak dapat tumbuh optimal, baik secara fisik maupun mental," tegasnya.

Menurut dia, gerakan aksi bergizi yang dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong ini memiliki peran strategis dalam memperbaiki pola makan dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024