Mukomuko (Antara) - Sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu saat ini membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani setempat dengan harga tinggi.

"Pabrik membeli sawit petani dengan harga tinggi berkisar Rp1.480-1.535 per kilogram," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat melalui Kasi Budi Daya Perkebunan Sudianto, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, harga TBS kelapa sawit petani yang dibeli oleh pabrik tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan penetapan tim pemerintah provinsi setempat sebesar rata-rata Rp1.429 per kg.

Berdasarkan harga tersebut, katanya, pabrik diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli TBS kelapa sawit petani setempat.

Dia menyebutkan, harga terendah sawit itu di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) sebesar Rp1.480 per kg.

Sedangkan, lanjutnya, harga sawit di pabrik PT Karya Sawitindo Mas (KSM) sebesar Rp1.500 per kg, dan PT Mukomuko Indah Lestari (MMIL) Rp1.520 per kg.

Kemudian, di PT AMK sebesar Rp1.535/kg, PT Sentosa Sejahtera Sejati (SSS) sebesar Rp1.500 per kg, pabrik PT Daria Darma Pratama (DDP) Kecamatan Ipuh dan PT DDP di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.500 per kg.

Ia berharap, harga TBS kelapa sawit di pabrik daerah itu tetap bertahan tinggi sebesar Rp1.500 per kg, sehingga ekonomi petani kelapa sawit di daerah itu meningkat.

"Kalau harga sawit di daerah ini naik, daya beli petani juga meningkat," ujarnya lagi.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016