Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 2.652 pelamar lolos seleksi administrasi pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024.
 
Pejabat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Niko Hafri di Mukomuko, Kamis, mengatakan, jumlah pelamar CPNS sebanyak 3.548 orang, jumlah submit 3.403 orang, jumlah memenuhi syarat (MS) 2.652 orang, sebanyak 751 orang TMS.
 
"Jumlah pelamar CPNS Mukomuko tahun 2024 yang TMS berkurang dari sebanyak 803 orang menjadi 751 orang," katanya.
 
Ia menjelaskan, jumlah pelamar CPNS tahun ini berkurang berdasarkan finalisasi hasil verifikasi administrasi sebelum diumumkan. Kemudian pihaknya membuka data pelamar yang TMS, lalu datanya dikoreksi lagi.
 
Ia mengatakan, terkait teknis masing-masing verifikator lain orang lain penilaian terhadap pelamar yang TMS apakah betul pelamar itu statusnya TMS.
 
Ia menambahkan, sejumlah pelamar dari berstatus TMS menjadi MS karena kesalahannya tidak terlalu fatal sekali atau masih bisa diberikan toleransi atau meminimalisir jumlah pelamar CPNS yang TMS.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya memberikan waktu selama tiga hari bagi pelamar menyanggah hasil seleksi administrasi pada tes CPNS Mukomuko.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sebanyak lima dari 150 formasi CPNS di Mukomuko yang kosong pelamar yang terdiri dari tiga formasi dokter spesialis.
 
"Lalu dua formasi lagi, yakni formasi untuk penyandang disabilitas dan umum yakni pengendali dampak lingkungan," katanya.
 
Ia menyayangkan sampai masa akhir pembukaan pendaftaran CPNS Mukomuko tahun ini masih ada formasi CPNS tahun 2024 yang kosong, padahal formasi ini sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan tenaga dokter spesialis di daerah ini.
 
Terhadap dua formasi CPNS yang kosong , yakni formasi khusus penyandang disabilitas di gudang farmasi nanti bisa diisi dari pelamar umum.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024