Presiden Joko Widodo tercatat sebagai pemilih tetap di Solo, Jawa Tengah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Informasi terakhir setelah kami cek di DPT kami, Bapak Ir Joko Widodo dan Ibu Iriana tercatat di DPT Kota Surakarta di RT 08/RW 7, TPS 12, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta Bambang Christanto di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Dengan demikian, pada Pilkada 2024 Presiden Jokowi akan menggunakan hak pilih di Kota Surakarta. Selain itu, dikatakannya, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda juga akan mencoblos di Kota Solo, tepatnya di TPS 18, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari.

Ia memastikan tidak ada perlakuan khusus yang akan diberikan oleh KPU kepada keempatnya.

"Berkaitan dengan pelayanan KPPS, kami sampaikan di PKPU yang diutamakan adalah orang tua, manula, yang sedang sakit, ibu hamil, dan disabilitas. Itu yang diprioritaskan," katanya.

Dengan demikian, pihaknya tidak membedakan pihak satu dengan yang lain.

"Tetap kami layani dengan maksimal, semua tanpa terkecuali, yang kami prioritaskan itu tadi supaya tidak menunggu lama di TPS," katanya.

Sementara itu, mengenai tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan oleh Presiden Jokowi untuk mencoblos, dikatakannya, belum dipastikan lokasinya.

"Kalau lokasi potensial TPS belum langsung ke bangunan, rumah personal atau gedung pemerintahan atau gedung sekolah, belum bisa, karena baru lokasi potensial TPS sesuai dengan cek DPT online, jadi itu kan aplikasi. Nanti H-1 atau H-2 baru KPPS akan menentukan di mana lokasi fiks-nya, ini baru lokasi potensi TPS," katanya.

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024