Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menerima sejumlah logistik tahap pertama untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Logistik tahap pertama untuk Pilkada 2024 telah diterima oleh KPU Mukomuko, namun surat suara masih dalam proses produksi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Marjono di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, sejumlah logistik tahap pertama untuk kebutuhan Pilkada tahun ini terdiri atas 327 kotak suara, 654 botol tinta, 1.308 bilik pemungutan suara, 6.915 keping segel, 1.962 unit segel plastik atau kabel ties.

Ia menambahkan, meskipun lembaganya sudah menerima sebagian logistik untuk kebutuhan pilkada, namun logistik ini belum bisa didistribusikan ke kecamatan-kecamatan.

"Pendistribusian logistik untuk kebutuhan pilkada pada saat pemungutan suara ini setelah semua logistik diterima oleh KPU seperti surat suara," ujarnya pula.

Untuk sementara ini, katanya, semua logistik tahap pertama ini disimpan di tempat yang aman di gudang logistik KPU.

Sedangkan pencetakan surat suara untuk pilkada, ia mengatakan, pihaknya sudah membuat desain surat suara yang berisi foto pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Kami sudah memberikan dummy surat suara untuk pemilihan kepala daerah kepada KPU RI," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya membutuhkan sebanyak 142.776 lembar surat suara untuk pelaksanaan Pilkada Mukomuko 2024 .

Ia menjelaskan, kebutuhan surat suara untuk Pilkada 2024 berdasarkan jumlah pemilih daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dua persen dari jumlah DPT tersebut.

"Jumlah DPT Mukomuko sebanyak 139.976 jiwa ditambah dua persen dari jumlah DPT sekitar 2.800, jadi kebutuhan sebanyak 142.776 lembar," katanya.

Ia mengatakan pencetakan surat suara untuk Pilkada Mukomuko 2024 sedang dalam proses terkait desain surat suara yang memuat foto pasangan calon bupati dan wakil bupati sudah final.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024