Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menjadwalkan dua kali debat bagi pasangan calon bupati-wakil bupati pada tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

"Untuk pelaksanaan debat kandidat ini akan dilaksanakan dua kali dan akan disiarkan langsung melalui televisi yang ada di Provinsi Bengkulu, namun untuk lokasi pelaksanaan dan tanggalnya belum ditetapkan," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong Eiis Purwanti saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Pilkada 2024 di Kabupaten Rejang Lebong diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 M. Fikri-Hendri, nomor urut 2 Hendra Wahyudiansyah-Herizal Apriansyah, dan nomor urut 3 Syamsul Effendi-Juhendra.

Dia menjelaskan pelaksanaan debat kandidat merupakan bagian dari tahapan kampanye yang dimulai sejak 25 September hingga 23 November mendatang. Dalam debat itu, setiap pasangan calon akan beradu argumen serta menyampaikan visi misi guna menarik perhatian calon pemilih.

Sedangkan untuk pelaksanaan rapat umum atau kampanye terbuka, kata Eiis, dari tiga pasangan calon yang bertarung pada Pilkada 27 November 2024, semuanya sudah menyerahkan jadwal pelaksanaan dan setiap pasangan calon diberi kesempatan satu kali di setiap kecamatan.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong Ahmad Ali dihubungi terpisah mengatakan sejauh ini lembaganya belum menemukan pelanggaran selama tahapan kampanye pilkada.

"Belum ditemukan adanya pelanggaran selama tahapan kampanye. Bawaslu Rejang Lebong bersama dengan panwaslu kecamatan dan kelurahan/desa akan terus meningkatkan pengawasan di lapangan guna memantau jalannya pelaksanaan kampanye masing-masing pasangan calon," katanya.

Dia mengimbau tiga pasangan calon dapat mematuhi tahapan-tahapan pilkada dan tidak melanggar peraturan atau perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak terkena sanksi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024