Mukomuko (Antara) - Sebanyak 64 dari 148 desa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Rabu.

"Saat ini sedang berjalan proses penghitungan suara. Dari sebanyak 164 desa yang menggelar pilkades, baru 15 desa yang telah menyerahkan data hasil perolehan suara," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko Badi Uzaman, melalui Seksi Pemberdayaan Masyarakat Ain Patili, di Mukomuko.

Ia mengatakan, berdasarkan metode penghitungan cepat (quick count), hasil persentase perolehan suara Pilkades di 15 desa di daerah itu berkisar 70 hingga 90 persen.

Berdasarkan data perolehan suara sementara tersebut, ia menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkades di daerah itu tinggi, yakni berkisar 85 persen.

Dari sebanyak 15 desa tersebut, sebutnya, hanya partisipasi pemilih di Desa Mandi Angin, Kecamatan Teramag Jaya, yang paling rendah yakni sekitar 70 persen.

Menurutnya, apabila saat pemungutan suara Pilkades, sekolah dan perkantoran pemerintah setempat libur kerja, kemungkinan partisipasi pemilih bisa mencapai sekitar 100 persen.

Ia memastikan Rabu malam semua hasil perolehan suara Pilkades serentak masuk ke instansi itu.

Sementara itu, sebutnya, hingga saat ini situasi Pilkades serentak di daerah itu berjalan kondusif.

Dia juga berharap masyarakat menerima hasil penghitungan Pilkades tersebut, dan apabila terdapat sengketa bisa diselesaikan melalui jalur yang telah ditentukan. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016