Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan lima unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) rawat inap guna memberikan pelayanan 24 jam selama lebaran di daerah itu.

Menurut keterangan Kabid Pelayanan Kesehatan dan Farmasi Dinas Kesehatan Rejanglebong, Syahfewi, lima Puskesmas yang sudah memiliki instalasi rawat inap tersebut ialah Puskesmas Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, kemudian Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kecamatan Kota Padang, Puskesmas Kecamatan Bermani Ulu dan Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Untuk Puskesmas yang sudah memiliki ruang rawat inap dan sudah memiliki peralatan pendukung lima unit. "Sedangkan dua unit lainnya sudah memiliki ruang rawat inap tapi peralatannya belum lengkap yakni Puskesmas Sidang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi dan Puskesmas Sindang Jati," katanya.

Sedangkan untuk 14 Puskesmas lainnya, kata dia, belum memiliki ruang rawat inap, namun masing-masing Puskesmas tetap akan buka dan melayani masyarakat masing-masing kecamatan dan para pemudik dengan sistem piket dengan jam kerja mulai dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Penyiagaan 21 Puskesmas dan rumah sakit yakni RSUD Curup kata dia, selain untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di kecamatan masing-masing juga melayani arus mudik terutama yang melintasi daerah itu, terutama di sepanjang jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, maupun Curup-Kabupaten Lebong.

Para petugas kesehatan yang bertugas pada hari raya Idul Fitri ini tambah dia, merupakan petugas piket yang sudah ditentukan serta beberapa orang diantaranya juga berasal dari petugas yang beragama non Muslim, sehingga tidak ada alasan Puskesmas tidak buka di hari raya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Rejanglebong, Zulkarnain mengharapkan dengan tetap dibukanya pelayanan kesehatan oleh 21 Puskesmas di daerah itu nantinya bisa memberikan pelayanan kesehatan tingkat dasar kepada masyarakat atau pemudik yang sakit.

"Kalau untuk yang sakit ringan-ringan mereka bisa berobat di masing-masing Puskesmas, sedang untuk yang parah biasanya akan dirujuk ke RSUD Curup," ujarnya.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016