Mukomuko,  (Antarabengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana memanfaatkan lahan kosong sepanjang pinggir pantai di daerah itu untuk tambak udang.

"Kami ingin memanfaatkan potensi yang ada di pantai untuk membuka tambak udang," kata Bupati Mukomuko Choirul Huda di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan saat ini konsultan sedang melakukan survei untuk memastikan lahan sepanjang pinggir pantai yang cocok untuk dibuka tambak udang.

Menurutnya, selama ini pemanfaatan potensi kekayaan alam yang ada sepanjang pinggir laut di daerah itu belum maksimal.

"Kalau ada bantuan teknis dari pemerintah pusat maupun investor, kami lakukan untuk membuka tambak udang di pinggir pantai," ujarnya.

Ia yakin keberadaan usaha tambak udang ini nantinya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat setempat terutama yang berada sepanjang garis pantai.

Menurutnya, apabila usaha itu dapat mendatangkan penghasilan untuk masyarakat banyak maka semakin cepat pembangunan di daerah itu.

Untuk itu, ia minta ada kerja sama yang baik dan kebersamaan eksekutif dengan legislatif dalam mewujudkan semua itu.

"Ada kesamaan tujuan eksekutif dengan legislatif, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tidak cukup satu usaha, yakni pembukaan hutan dan perkebunan kelapa sawit, tetapi butuh tambahan usaha lain seperti tambak udang. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016