Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda minta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat proaktif mengusulkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk petani kepada pemerintah pusat.

"Mulai sekarang kepala SKPD proaktif memberikan masukan dan membuat proposal bantuan untuk petani ke pemerintah pusat," katanya, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu setelah mengetahui dari Anggota DPR RI Susi Marleny Bachsin kalau SKPD setempat jarang mengajuan proposal bantuan untuk masyarakat ke pemerintah pusat.

Ia mengatakan, usulan alsintan dalam bentuk proposal itu dapat menjadi masukan bagi pemerintah pusat.

Ia menjelaskan, usulan dalam bentuk proposal kegiatan kelompok tani ini untuk mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah pusat merupakan sistem, sehingga harus diikuti.

Selain itu, katanya, Kementerian yang menerima usulan itu bakal mendapatkan sebuah program kegiatan untuk membantu kelompok tani.

"Berbagai program ada di kementrian. Kalau kita tidak proaktif ketinggalan dan hanya mengandalkan APBD murni saja," ujarnya.

Ia berharap, kedatangan anggota DPR RI ke daerah itu dapat menjadi pendorong bagi pemerintah untuk membantu kellompok tani di daerah itu.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016