Rejanglebong (Antara) - Bupati Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Ahmad Hijazi menyatakan pada peringatan HUT ke-71 RI di daerah itu dicanangkan sebagai hari perlawanan terhadap narkoba.

"Upacara peringatan HUT RI yang dilaksanakan di Kecamatan Binduriang dengan peserta warga dari tujuh kecamatan di wilayah Lembak dijadikan sebagai momentum pencanangan perang terhadap narkoba di Rejanglebong," kata Bupati Hijazi usai upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan Setia Negara Curup, Rabu.

Upacara peringatan HUT RI dan pencanangan perang terhadap narkoba itu kata dia, dipimpin oleh Wakil Bupati Rejanglebong Iqbal Bastari yang juga ketua BNN kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai keseriusan daerah itu dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba khususnya di tujuh kecamatan dalam wilayah Lembak yang meliputi Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran, Binduriang dan Kecamatan Sindang Kelingi.

Ketujuh kecamatan itu selama ini rentan menjadi sasaran peredaran dan penyalahgunaan narkoba baik jenis ganja maupun sabu-sabu sehingga menjadi perhatian mereka untuk segera diatasi dalam rangka mewujudkan visi dan misinya sebagai bupati dan wakil bupati daerah itu untuk lima tahun kedepan berupa penciptaan Rejanglebong sebagai kabupaten relegius, pendidikan dan tujuan wisata.

Dalam upacara ini selain dihadiri peserta yang berasal dari PNS, kemudian pelajar, organisasi pemuda, para kepala desa dari tujuh kecamatan, anggota TNI dan Polri serta kalangan tokoh masyarakat maupun tokoh agama.

Pada acara ini selain melakukan upacara mereka juga menggelar kebulatan tekad guna memerangi narkoba, hal ini selaras dengan Perda penanganan narkoba yang dibuat Pemkab Rejanglebong dan sudah disahkan legislatif daerah itu baru-baru ini.

Sementara itu peringatan HUT ke-71 RI di Kota Curup yang dilangsungkan di Lapangan Setia Negara Curup, diikuti PNS, pelajar, TNI/Polri dan Kades dari delapan kecamatan di wilayah kota dan bertindak selaku inspektur upacara Bupati Ahmad Hijazi.

Sedangkan untuk upacara penurunan bendera di lokasi yang sama pada sore harinya bertindak sebagai Irup Dandim 0409 Rejanglebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya.***2***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016