Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, menemukan ribuan dukungan ganda kepada calon pasangan yang maju lewat jalur perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah 2017.

Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Tengah, Asmara Wijaya di Bengkulu, Rabu, mengatakan, seluruh dukungan ganda tersebut sedang diverifikasi petugas PPS ke pemilik KTP.

"Jadi kita temukan, satu orang mendukung lebih dari satu pasangan calon. Ini sedang kita faktualisasi," kata dia.

Calon perseorangan atas nama Arsyad Hamzah bersama Edio Sulistio menyerahkan bukti dukungan yang jumlahnya 8.137 KTP. KPU melakukan verifikasi dan dukungan valid untuk calon tersebut sebanyak 7.981 KTP.

"Kita masih temukan tiga ribu lebih dukungan ganda untuk pasangan Arsyad-Edi," kata dia lagi.

Pasangan Medi Hasfery-Irman Jaya mendapatkan dukungan 8.183 KTP, namun masih ditemukan sebanyak empat ribu lebih dukungan ganda.

Wakil Bupati Bengkulu Tengah M Sabri yang berpasangan Laina mengumpulkan dukungan 6.663 KTP. Dari jumlah tersebut masih ada dua ribu lebih dukungan ganda.

Untuk pasangan Hendri Kusmoto-Ismail Bakaria hanya mendapatkan dukungan 2.287 KTP dan dukungan ganda untuk pasangan ini juga di data lebih dari dua ribu KTP.

"Sekarang sedang kita faktualisasi, kita tanyakan ke pemilik KTP mereka dukung siapa atau memang tidak mendukung salah satu sama sekali," ujarnya.

Jumlah dukungan minimal untuk maju lewat jalur perseorangan, kata Asmara, yakni 10 persen dari jumlah pemilih yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Sesuai dengan data daftar pemilih Pemilihan Gubernur 2015, jumlah pemilih di kabupaten itu, yakni 78.000 jiwa. ***2*** 

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016