Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam membangun daerah itu.

"Anggaran untuk TMMD tahun ini sebesar Rp1 miliar, naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp600 juta," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko Apriansyah, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, anggaran untuk kegiatan TMMD tersebut sudah disiapkan setiap tahun dalam APBD setempat.

Ia menyebutkan, dana sebesar Rp1 miliar itu untuk berbagai kegiatan fisik dan non fisik. Namun pelaksanaan kegiatan fisik maupun nonfisik tanpa melalui pihak ketika tetapi dikerjakan secara swakelola.

"Kodim yang melaksanakan kegiatan TMMD tersebut," ujarnya.

Komandan Distrik Militer 0423 yang membawahi Kabupaten Bengkulu Utara dan Mukomuko Letkol Czi Saiful Rachman mengatakan kegiatan TMMD ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan.

Kemudian, lanjutnya, untuk peningkatan pembangunan fisik dan nonfisik di daerah itu. Seperti pembangunan fisik untuk membuka jalan baru sepanjang tiga kilometer dan pengerasan koral jalan sepanjang tiga kilometer.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan gorong-gorong sebanyak lima unit, pembangunan satu jembatan, dan pembangunan pos keamanan lingkungan (Poskamling).

Sedangkan, lanjutnya, kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan hukum, penyuluhan PKK, dan pelaksanaan TNI Manunggal KB Kesehatan, pos pelayanan terpadu, pemerintah desa, dan Narkoba.

Ia menyebutkan, keterlibatan anggota dalam TMMD ini sebanyak 150 orang ditambah 100 orang masyarakat.

Sementara itu pelaksanaan TMMD ke-97 di Kabupaten Mukomuko mulai tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2016.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016