Bengkulu 25/10 (Antarabengkulu.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Universitas Bengkulu melakukan sosialisasi kepada mahasiswa se-Kota Bengkulu mengenai program jaminan kesehatan nasional, Selasa (25/10).

     Sosialisasi yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Bengkulu ini bertemakan "Sosilisasi Bersama BPJS Kesehatan Dengan Perguruan Tinggi Se-Kota Bengkulu Tentang Jaminan Kesehatan Nasional (Kartu Indonesia Sehat)" merupakan rangkaian program yang bertujuan menciptakan masyarakat yang sehat.

    Kali ini sasaran pihak BPJS Kesehatan sendiri yaitu mahasiswa, dengan harapan mereka akan menjadi kader ataupun perpanjangan tangan untuk mensosilisasikan kembali ke masyarakat. "Kami percaya bahwa mahasiswa dapat menedukasi masyarakat mengenai kesehatan" kata Kepala BPJS cabang Kota Bengkulu Mairiyanto.  

     Dia mengimbau seluruh mahasiswa di Kota Bengkulu yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk mendaftar secara mandiri ataupun kolektif. "Mahasiswa termaksud Peserta Bukan Penerima Upah kolektif, biasanya yang digunakan di masyarakat itu bersifat mandiri dalam artian bahwa BPJS yang didaftarkan dalam satu keluarga, namun mahasiswa yang belum menjadi peserta bisa segera mendaftarkan diri," katanya.

     Dari hasil sosialisasi ini, pihak BPJS berencana akan bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kota Bengkulu untuk menjaring mahasiwa menjadi peserta BPJS melalui pembayaran uang kuliah tunggal. Pihak perguruan tinggi kemudian akan mendaftarkan mahasiswanya ke BPJS melalui dua pilihan, yakni dengan membayar pendaftaran dan tidak perlu lagi membayar angsuran perbulan melainkan akan digabungan dengan UKT khusus bagi mahasiswa baru.
 
    Pilihan selanjutnya adalah membayar iuran secara manual setiap bulan melalui pihak jurusan untuk selanjutnya disetorkan ke BPJS Kesehatan. 
    
    "Saya berharap ini bisa memicu mahasiswa agar turut bersama-sama menciptakan Bengkulu sehat," lanjut Mairiyanto. *

Pewarta: Dewi Lucky dan Nanda

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016