Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan daerah itu pada tahun depan akan membangun jalan wisata di beberapa kecamatan wilayah kabupaten tersebut.

"Pembangunan dan peningkatan jalan wisata ini diprioritaskan dalam penyusunan R-APBD Rejang Lebong tahun 2017, yang saat ini masuk dalam pembahasan KUA-PPAS," kata Selamet Riadi, Kabid Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum Rejang Lebong, Selasa.

Beberapa akses jalan yang akan dibangun atau ditingkatkan tersebut kata dia, diantaranya ialah pekerjaan lanjutan peningkatan jalan menuju kawasan wisata Bukit Kaba, kemudian jalan lingkar Danau Mas Harun Bestari (DMHB) yang keduanya berada di Kecamatan Selupu Rejang.

Selanjutnya ialah pembangunan jalan menuju kawasan wisata alam air terjun panas dingin Tri Muara Karang di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi sepanjang 5 KM.

Sedangkan pembangunan jalan wisata, sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata lainnya tambah dia, juga akan dibangun oleh bidang seperti gapura, pagar pembatas, lapangan parkir dan beberapa fasilitas lainnya.

Sementara itu anggaran yang dikucurkan Pemkab Rejang Lebong melalui APBD Perubahan 2016 beberapa akses jalan yang mulai dibangun atau ditingkatkan yakni pembangunan jalan lingkar di kawasan DMHB dengan nilai plafon Rp2,6 miliar. Pembangunan jalan menuju kawasan wisata alam Bukit Kaba, senilai Rp3,3 miliar.

Program pembangunan bidang infrastruktur jalan menuju kawasan wisata ini kata Selamet Riadi, guna menyukseskan visi dan misi Pemkab setempat yakni pembentukan Kabupaten Rejang Lebong sebagai kota wisata, kota pendidikan dan kota relejius.

Sebelumnya Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi menyatakan, dirinya akan menjadikan sektor kepariwisataan sebagai salah satu sektor yang dapat menyumbangkan pendapatan bagi daerah itu.

Hal kata dia, ini tidaklah berlebihan mengingat daerah itu, memiliki iklim udara pegunungan yang sejuk dan masih asri, sehingga jika dikelola dengan baik akan menjadi tujuan wisata yang menarik.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016