Rejang Lebong (Antara) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, segera membagikan bantuan kambing untuk kelompok peternak di daerah itu.

"Bantuan ternak kambing ini akan dibagikan kepada 20 kelompok peternak yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, setiap kelompok akan menerima antara 19 sampai 20 ekor," kata Kepala Disnakan Rejang Lebong Amrul Eby saat melakukan sosialisasi pemberian bantuan kepada kelompok peternak bertempat di aula Disnakan Rejang Lebong, Senin.

Bantuan ternak kambing untuk kelompok peternak di daerah tersebut kata dia, dalam upaya meningkatkan populasi hewan ternak di Rejang Lebong serta menyukseskan program Bupati Rejang Lebong dalam program pembagian bibit gratis.

Kelompok peternak yang menerima bantuan dalam program ini tambah dia, berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Para penerima bantuan kambing ini, adalah para kelompok yang sebelumnya telah mengajukan proposal ke Disnakan Rejang Lebong.

"Setelah dilakukan seleksi dari 25 kelompok yang mengajukan proposalnya yang dinyatakan lolos sebanyak 20 kelompok, sedangkan untuk kelompok yang belum dapat bantuan ternak ini akan diupayakan agar tahun depan dapat diprioritaskan untuk mereka," ujarnya.

Program bantuan ternak itu sendiri kata dia, akan terus digulirkan kendati Disnakan akan dilebur dengan Dinas Pertanian Rejang Lebong, sehingga bisa mendorong peningkatan populasi ternak di Kabupaten Rejang Lebong.

Selama ini pemberian bantuan ternak kepada kelompok peternak di wilayah itu sepenuhnya mengandalkan bantuan dari pusat dan Pemprov Bengkulu, sedangkan untuk tahun ini dilakukan dengan pembiayaan yang berasal dari Pemkab Rejang Lebong.

"Total anggarannya sebesar Rp830 juta, dimana dana nya berasal dari APBD murni senilai Rp400 juta dan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp430 juta," kata Amrul Eby.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016