Rejang Lebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan anggaran Rp4,1 miliar untuk mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah dengan BPJS Kesehatan di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, RA Denni, usai melakukan pertemuan dengan BPJS Kesehatan Cabang Curup, di Pemkab Rejang Lebong, Senin, anggaran sebesar Rp4,1 miliar ini untuk membiayai iuran kepesertaan BPJS warga setempat pada 2017 mendatang.

"Anggaran untuk mengintegrasikan program Jamkesda ke BPJS Kesehatan ini Pemkab Rejang Lebong sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp4,1 miliar yang mencakup kepesertaan warga hingga 15.000 orang," katanya.

Anggaran yang disiapkan Pemkab daerah itu kata dia, untuk membiayai warga daerah itu yang berasal dari keluarga tidak mampu dan belum menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan jumlah perkiraan pada tahap awal ini sebanyak 12.000-15.000 orang.

Besaran anggaran yang sudah disiapkan dalam APBD Rejang Lebong 2017 ini tambah dia, guna memberikan jaminan kesehatan warga serta menyukseskan program berobat gratis. Sedangkan untuk warga lainnya yang masih belum termasuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan ini nantinya akan dilakukan adendum secara bertahap.

Dana yang disiapkan Pemkab Rejang Lebong ini kata Denni, disesuaikan dengan besaran anggaran yang dibayarkan daerah itu setiap tahunnya dalam pembiayaan program Jamkesda. Kendati demikian besaran anggaran ini akan dilihat perkembangannya sehingga memungkinkan bisa membiayai hingga 20.000 orang.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup, Rizki Lestari, menjelaskan saat ini pihaknya telah menerima pembayaran untuk kepesertaan baru 12.000 lebih warga Rejang Lebong yang selama ini menjadi peserta Jamkesda dan warga yang belum sama sekali terdaftar di BPJS atau Jamkesda.

Data calon kepesertaan baru BPJS Kesehatan ini kata dia, saat ini masih dilakukan validasi guna memastikan bahwa data yang mereka serahkan ini benar seperti memiliki NIK dan data pendukung lainnya.

Jika proses validasi ini sudah selesai maka selanjutnya akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan BPJS Kesehatan Cabang Curup. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016