Rejang Lebong (Antarabengkulu.com) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan segera membangun jalan baru di kawasan wisata alam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Rejang Lebong, Budianto, di Rejang Lebong, Senin, menjelaskan, yang akan dibangun adalah jalan menuju kawasan wisata Air Terjun Batu Betiang yang masuk wiayah Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu.

"Jalan yang akan dibangun ini sepanjang 7 km. Pembangunannya akan dilakukan oleh Pemkab Rejang Lebong sepanjang 5 km dan 2 km oleh TNKS," katanya.

Rencana pembangunan jalan wisata di kawasan TNKS itu, telah ditandai dengan penandatanganannota kesepakatan antara Pemkab Rejang Lebong dengan Balai Besar TNKS pada akhir 2016.

Pembangunan jalan wisata itu akan dilakukan secara bertahap, mengingat lokasi yang dibangun adalah hutan kawasan TNKS yang merupakan paru-paru dunia sehingga pengerjaannya tidak boleh merusak lingkungan di wilayah itu.

Sementara itu selain akan membangun jalan wisata menuju ke kawasan wisata Air Terjun Batu Betiang, pihaknya juga akan melakukan peningkatan jalan di kawasan Danau Mas Harun Bestari (DMHB) yang berada di Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang dengan panjang mencapai 3 KM.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan pekerjaan lanjutan peningkatan jalan menuju kawasan wisata alam Gunung Api Bukit Kaba di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

"Pembangunan jalan wisata ini akan segera ditenderkan. Pembangunan jalan ini guna mendukung program pembentukan Rejang Lebong sebagai kota pendidikan, kota wisata dan kota relegius," ujarnya.

Air Terjun Batu Betiang di Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ului merupakan objek wisata potensial, karena berada di dalam TNKS yang masih didukung suasana yang asri dan sejuk.

Objek wisata ini menarik perhatian orang karena terdapat bebatuan besar yang tersusun menyerupai tiang penyangga, tetapi belum ada jalan sehingga lokasi wisata ini sulit dijangkau.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017