Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan membangun rumah adat Putri Beni Alam karena bangunan yang lama di bundaran Kelurahan Pasar dirobohkan untuk lokasi taman.

"Rumah adat akan dibangun dekat dengan rumah dinas dan gedung daerah. Di lokasi yang sama juga dibangun langgar, dan aula tempat pertemuan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Syafkani, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, bangunan rumah adat di bundaran Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko dirobohkan karena di lokasi itu akan dibangun taman.

Selain itu, katanya, di bundaran yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera tersebut akan dibangun ruang terbuka hijau dengan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Ia menyebutkan, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah adat termasuk rumah dinas, gedung daerah, langgar, dan aula pertemuan pemerintah setempat berkisar Rp10 miliar.

"Pelaksanaan pembangunan rumah adat dan rumah dinas mulai tahun ini. Pembangunannya membutuhkan waktu selama tiga tahun," ujarnya lagi.

Ia menyatakan, bentuk bangunan rumah adat Putri Beni Alam itu akan sama dengan rumah adat di bundaran Kelurahan Pasar Mukomukou.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017