Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Minat masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu untuk menjadi guru kontrak cukup tinggi, hal ini terbukti jumlah pelamar yang masuk ke  Dinas Pendidikan setempat sudah mencapai 600 orang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mukomuko, Nurhasni, Jumat mengatakan, jumlah guru kontrak yang akan direkrut di daerah ini sebanyak 377 orang untuk mengisi sejumlah sekolah di daerah itu yang masih kekurangan guru.

Guru kontrak yang akan direkrut Dispendik setempat sebanyak 377 orang itu, antara lain untuk   guru PAUD sebanyak 52 orang, guru SD sebanyak 166 orang, guru SMP 37 orang, guru SMA 16 orang, dan SMK sebanyak enam orang.

Selain itu, untuk tenaga tehnis, tata usaha, pustakawan, dan penjaga sekolah sebanyak 100 orang.
Sedangkan disiplin ilmu tenaga guru yang dibutuhkan sekarang itu, lanjutnya, sebanyak 32 orang guru untuk mengajar teknologi informasi komputer, guru BP, dan guru yang mengajar olahraga.

Ia menambahkan, bahwa tenaga guru dan teknis yang diterima menjadi tenaga kontrak itu diprioritaskan orang pribumi yang bersedia ditugaskan di desa-desa terpencil dan terisolasi yang tersebar di daerah itu.

"Kalau guru minimal pendidikannya DII kecuali tata usaha dan pustakawan bisa dari SMA sederajat tetapi harus dibuktikan dengan surat keterangan bekerja di sekolah di daerah itu," ujarnya lagi.

Sementara itu, lanjutnya, upah bagi tenaga tidak tetap itu bervariasi mulai dari Rp400.000 hingga Rp700.000 per bulan. "Kalau honor bagi tata usaha dan guru PAUD tidak sama dengan guru SD dan SMA," ujarnya menjelaskan.(fto)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012