Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Informasi dan Komunikasi setempat berencana menggelar "Workshop Jurnalistik" untuk mengoptimalkan peran pejabat pengelola informasi daerah (PPID).

"Kita menggelar `Workshop` ini agar pekerja media di daerah ini mengetahui tugas dan fungsi Dinas Infokom. Selain untuk membantu tugas pejabat dalam pengelolaan informasi daerah," kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Mukomuko, Ruslan, melalui Kabid Infokom Publik Juni Kurniadiana, di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat melalui Dinas Informasi dan Komunikasi setempat pada tahun ini menyiapkan dana sebesar Rp50 juta dalam APBD untuk menggelar "Workshop" Jurnalistrik.

Ia mengatakan, peserta Workshop ini adalah pejabat internal instansi itu serta sejumlah pekerja media cetak, elektronik dan online di kabupaten setempat.

Sedangkan, lanjutnya, pemateri dalam Workshop Jurnalistik ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Infokom Proivnsi dan Kementrian Informasi dan Komunikasi RI.

"Kami minta petunjuk kepada Kominfo terkait lembaga atau media resmi yang bisa mengutus ahlinya sebagai pemateri dalam acara ini," ujarnya.

Ia berharap, pemateri dalam kegiatan memiliki kemampuan dan legalitas di bidangnya.

Ia menerangkan, Workshop ini tidak hanya untuk meningkat sumber daya manusia pejabat pengelola informasi daerah di instansi tersebut tetapi juga untuk mengantisipasi berita "Hoak" di daerah itu.

Karena, menurutnya, berita semacam itu dapat menganggu keamanan dan ketertiban di daerah itu.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017